Iklan

Karya

Pesan-pesan

Sunday 25 December 2011

Rhoma Irama: Idola Harus Bisa Jadi Tauladan

Menjadi seorang idola, tentunya juga harus bisa memberi pengaruh positif bagi penggemarnya. Itulah yang dikatakan Raja Dangdut, Rhoma Irama saat memberi kuliah umum mahasiswa IAIN Sunan Ampel dengan tema 'Musik Sebagai Media Dakwah', Jumat (23/12/2011).

"Karena seorang idol, harus bisa juga menjadi tauladan. Sebab, idol tanpa fans juga sama juga bohong," katanya.

Oleh sebab itu, dalam kuliah umum tersebut, Haji Rhoma meyakinkan jika musik sangat memungkinkan sebagai media dakwah yang bagus.

Bahkan, Haji Rhoma juga menceritakan bagaimana awal kemantapannya menjadikan musik sebagai media dakwah ketika pertama kali berkarir sebagai musisi pada tahun 1960-an dimana saat itu menurutnya musik Indonesia masih identik diwarnai dengan mabuk-mabukan minuman keras, pergaulan bebas dan free sex.

"Tapi saat itu saya yakin dengan apa yang saya jalani. Makanya pada suatu malam, saya merenung dan berdoa kepada Allah. Kalau memang musik hanya memperlebar jalanku ke neraka, ambil nyawaku sekarang juga," renungnya sambil terisak tangis.

Sementara itu, Rektor Sunan Ampel, Prof. H. Nur Sam. Msi, dengan adanya kuliah umum dari Rhoma Irama tersebut, diharapkan mahasiswanya bisa lebih termotivasi dalam berdakwah melalui media musik, khususnya dangdut.

"Saya yakin seluruh mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah dangdut mania, termasuk saya juga," katanya yang disambut tawa hadirin. 


No comments:

Post a Comment