Iklan

Karya

Pesan-pesan

Monday 26 December 2011

Ketika Pikiran dan Kesehatan Tak Akur

BENAR juga. Pikiran ternyata memang berpengaruh dengan kesehatan. Dalam beberapa diskusi di forum kesehatan menyimpulkan ada hubungan penting antara pikiran dan tubuh. Terdapat dua cara untuk melihat hubungan pikiran dan tubuh. Monism ialah sebuah cara untuk melihat pikiran dan tubuhbukan sebagai entitas, tetapi sebagai satu sistem yang saling terkait.

Dari sudut pandang kesehatan dan kebugaran, pendekatan ini artinya bahwa apa yang terjadi pada tubuh sebagai dampak dari apa yang ada dalam pikiran Anda. Keduanya saling memperngaruhi.

Cara lain yang sering disebut dengan dualism yang cenderung bertolak belakang dengan cara monism. Menurut cara ini, pikiran dan tubuh tidak terkait satu sama lain karena keduanya berdiri sendiri. Emosi dan psikologi tidak akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Begitu juga sebaliknnya.


Menjaga keseimbangan antara pikiran dan tubuh memang sangat penting. Menjaga kesehatan pada tubuh cenderung lebih mudah dilakukan. Bagaimana dengan menjaga kesehatan pikiran Anda? Berikut tips menjaga kesehatan otak dan pikiran:

1. Hindari Narkoba dan Rokok
Narkoba dan rokok mengandung zat-zat adiktif yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otak. Pada tingkat lanjut, terdapat ruang kosong yang diakibatkan oleh zat perusak yang terkandung dalam rokok yang menyebabkan lambat dalam berpikir.

2. Istirahatkan Otak
Dengan tidur yang cukup Anda sudah mengistirahatkan otak. Jangan terlalu sering begadang, karena terdapat sel-sel baik dalam tubuh yang justru bekerja pada saat tertidur pada malam hari.

3. Konsumsi Makanan Sehat
Ini harus, selain menyehatkan pikiran atau otak, makanan sehat juga baik untuk tubuh Anda.

4. Hindari Berpikir Terlalu Keras
Berpikir terlalu keras akan mengakibatkan stres, sehingga badan akan terkena dampak negatifnya.

5. Jangan Malas berpikir
Jika tidak ingin punya masalah dengan lemah otak atau lemot, sebaiknya sering-seringlah asah otak Anda. Bermain puzzle, berpikir kritis, berdebat atau bermain musik.

Cobalah seimbangkan antara pikiran dan tubuh Anda. Ok!


No comments:

Post a Comment